Kamis, 31 Januari 2019

Asal Mula Kitab Dalailul Khairat



ASAL MULA KITAB DALAILUL KHAIRAT

Suatu ketika Syekh Muhammad bin Sulaiman al Jazuli berkehendak ingin menunaikan solat Ashar. Maka beliau segera bergegas untuk mengambil air wudlu. Ketika itulah beliau menemukan sebuah sumur, tetapi tidak ada alat untuk mengambil air dari dalam sumur itu.

Tiba-tiba datanglah seorang anak kecil perempuan menghampiri beliau. Anak kecil itu berkata,” Siapakah Anda ?”, Beliaupun  memperkenalkan diri kepada anak kecil tersebut. Anak itu berkata, “Anda adalah orang yang terpuji karena kesalehan Anda.”

Setelah itu anak perempuan itu berusaha untuk mencarikan alat agar Syekh Muhammad mendapatkan air dari dalam sumur untuk berwudlu, namun tak juga menemukan yg ia cari. Akhirnya setelah kesana kemari tak berhasil, tiba-tiba ia meludah ke dalam sumur. Dan apa yang terjadi sungguh di luar dugaaan. Air sumur itu meluap hingga ke permukaan tanah. Syekh Muhammad Bin Sulaiman Al Jazulipun terkejut. Setelah berwudlu, beliau berkata kepada si anak perempuan itu, “Aku angkat tangan kepadamu. Dengan amal apakah engkau meraih kedudukan tinggi ini ?”

Si anak perempuan itu tertegun sejenak. Kemudian ia menjawab, ”Dengan banyak bershalawat untuk orang yang apabila ia berjalan di padang belantara, binatang buas akan mengibas-ibas ekornya ", yang dimaksud adalah Shalawat kepada Rasulullah SAW. Mendengar jawaban itu, Syekh Muhammad ibn Sulaiman al-Jazuli bersumpah untuk menyusun sebuah kitab yang membahas tentang Shalawat untuk Kanjeng Nabi Muhammad saw. Maka lahirlah kitab Dalail Khairat. Kitab yang berisi macam - macam Shalawat yang sangat mashur dan banyak dibaca oleh umat Islam.
Wallahu A’lam.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Kita Ajak Masyarakat Untuk Menuju Ridlo Allah Subhaanahu Wata'aalaa

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.