Kamis, 23 Agustus 2018

Gus Ajir Ubaidillah : Pesan Welasan


PESAN DI BALIK SEWELASAN
@ajir_ubaidillah
.
Salah satu tradisi yang berlangsung turun temurun dilakukan muslimin ahlis sunnah wal jamaah adalah pembacaan manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani di setiap malam sebelas hijriyyah. Di kampung saya tradisi ini familiar dengan istilah SEWELASAN, para habaib biasa menyebutnya IHDA ‘ASYARIAH.
.
Tercatat dalam manaqib, Beliau wafat pada tanggal 11 Rabius Tsani pada usia ke 91. Barangkali inilah yang menjadi acuan pembacaan manaqib Beliau di setiap malam ke-11.
.
Kata manaqib sendiri adalah bentuk jama dari manqobah yang berarti perbuatan mulia seseorang, karena lazimnya manaqib memang berisikan biografi kebaikan orang sholeh.  
.
Perlu difahami, manaqib merupakan sebuah tradisi maka sejatinya RASULULLAH ﷺ tidak pernah menyebutkan secara eksplisit kata ini. Akan tetapi jangan lupa bahwa ALLAH ﷻ berkali-kali menceritakan kisah orang sholeh terdahulu seperti Luqman Hakim, Sayyidah Maryam, Ashabul Kahfi dan sholihin lainnya. Begitupun RASULULLAH  ﷺ banyak menceritakan sejarah orang sholeh seperti Sayyidah Asiah istri Fir'aun, Juraij sang Rahib dari Bani Israil, dan lainnya.
.
Para ulama’ sendiri memberikan perhatian besar untuk mengisahkan keutamaan kaum solihin. Imam Sufyan bin ‘Uyainah berkata,
.
عِنْدَ ذِكْرِ الصَّالِحِيْنَ تَتَنَزَّلُ الرَّحْمَةُ
.
“Ketika kaum solihin disebut, maka turunlah rahmat” (lihat Kitab At-Tamhid Juz 17 Hal 429)
.
Semua itu menunjukkan bahwa menceritakan kehidupan kaum solihin bukanlah sesuatu yang bertentangan bahkan sangat dianjurkan dengan tujuan yang jelas yaitu agar kita dapat mengambil pelajaran dari mereka. Sebagaimana firman ALLAH ﷻ,
.
لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ
.
“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal” (Surah Yusuf ayat 111)
.
Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk segenap pembacanya sehingga kita lebih bijak dalam memahami dan mengomentari sebuah tradisi.
.
📸 acara ihda asyariah Ma'had @pon_pes_sunniyah_salafiyah
.
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1984608785162812&substory_index=0&id=1598235013800193
.
#manaqib #inspirasiislam #sunsal #salaf #tentangdakwahkita #edukasi







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Kita Ajak Masyarakat Untuk Menuju Ridlo Allah Subhaanahu Wata'aalaa

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.