Sabtu, 11 Agustus 2018

Kyai Sya'roni Kudus : Strategi Sepakbola









Kyai sya'roni kudus pada suatu pengajian,sedikit menerangkan tentang ilmu agama,bahkan anehnya beliau menerangkan tentang sepakbola,hebatnya beliau mampu menjelaskan detail tentang nama dan strategi pemain dan managernya..ini luar biasa sekali,karena beliau ulama khos ahlil quran, dan pakar tafsir bahkan semua cabang2 ulumusyar'iyyah beliau kuasai semua..

Saya waktu itu belum begitu faham, apa yg beliau maksut,bahkan hingga sekarang,baru saya mulai bisa meraba sedikit demi sedikit,walaupun masih salah ..

Saya kategorikan kyai NU, sebagai para pemain sepak bola yang berada di lapangan. Ada kyai kiper,kyai bek,kyai tengah,kyai sayap,dan kyai striker.

Saya mulai dari bek dulu,
Kyai bek ini adalah kyai yg berada paling  bawah,beliau2 berada di kampung2,ilmu beliau di butuh kan masyarakat bawah,untuk mimpin tahlil manakiban berzanji imam mushola dan aktifitas NU lainya..mereka jantung pertahanan paling dasar amaliyah NU dan menjaga para nahdliyin agar tetap pada ubudiyah..

Kyai tengah
Kyai tengah adalah kyai yang fokus kepesantrenan,fokus pada pembinaan kader2 yang kelak di butuhkan umat,dan siap menjadi rujukan umat dari kalangan manapun

Kyai sayap
Adalah kyai yang memiliki jelajah ruang lebih luas,terkadang beliau mengajar di pesantren,terkadang di podium podium,terkadang ada yg terjun ke politik,

Kyai striker
Ini adalah tugas yg paling berat,mereka dituntut menyerang musuh,dan mengalahkan lawan meski terkadang dianggap kontroversi namun tujuan utama adalah mengatur keseimbangan permainan, agar disaat lawan fokus pada striker...para pemain lain bisa menyelamatkan gawang

Kyai kiper sang penjaga gawang..

Gawang itu wadah,wadah NU yg di dalamnya terdapat harkat martabat,jati diri,harga diri,kemuliyaan NU,
.kiper itu ulama yang memantau dari jauh namun dekat..dekat namun jauh
Kiper itu ulama yang paling berani jatuh bangun disaat kyai2 lain tidak bisa menahan serangan lawan..
Beliau mendapat tugas paling wani rekoso (gedi tirakate)

Manager/pelatih adalah syaikhul masyayikh
Beliau tak terlihat dilapangan namun peran beliau sangat penting dalam membangun pondasi khittoh manhaj ini,,beliau selalu memgawasi para murid2 beliau dilapangan,dan menegurnya bila sang murid melakukan kesalahan,entah itu lewat mimpi atau langsung.

Begitulah kira2 gambaran para ulama2 NU
dan kita sebagai suporter harus selalu,selalu,dan selalu memberi dukungan,memberi kontribusi pada kebanggan kita,dengan terus membela para ulama2 kita..
Dan memberi rasa takut,memberi rasa tidak nyaman kepada musuh2 ulama NU,karena ini kandang kita..tanah air kita..nusantara kita..

INDONESIA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Kita Ajak Masyarakat Untuk Menuju Ridlo Allah Subhaanahu Wata'aalaa

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.